RPP KELAS IV Tema 2 Sub Tema 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan  : SD Sekaran

Kelas/Semester        : IV/I

Tema 2                    : Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 1             : Sumber Energi

Pembelajaran           : 1

Alokasi Waktu        : 5 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti

1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

IPA

KI

Kompetensi Dasar

Indikator

3

3.5.   Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, nahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.1.    Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.2.    Menyebutkan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari

4

4.5.   Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.

4.5.1.      Membuat laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan

IPS

KI

Kompetensi Dasar

Indikator

3

3.1.   Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

3.1.1.  Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

4

4.1.   Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1.1. Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.

 

 

Bahasa Indonesia

KI

Kompetensi Dasar

Indikator

3

3.2.   Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.2.1        Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.

4

4.2.   Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

4.2.1.  Menuliskan gagasan pokok dari teks.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.    Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.

2.    Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.

3.    Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4.    Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.

5.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.

6.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

 

D.    Materi Pembelajaran

Manfaat energi matahari bagi kehidupan.

 

E.     Metode Pembelajaran

Pendekatan          : Saintifik.

Metode                 : Diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

Model                   : Inkuiri

 

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

Media                   : Sayuran atau tanaman jenis lainnya.

Alat/Bahan           : Kertas, tisu, dan kain untuk percobaan IPA.

Sumber Belajar    : 1. Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).

2. Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).

 

G.    Karakter siswa yang diharapkan

Bahasa Indonesia dan IPA       :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

 Integritas

IPS                                :              

Religius

Jujur

Disiplin

Kreatif

Demokratif

Rasa Ingin Tahu

Cinta Tanah Air

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

2.      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya  (Nasionalis)

4.      Yel-yel : Salam PPK, Tepuk PPK, Salam Literasi, Mars PPK. (Kreativitas)

5.      Guru Menulis Tema dan Sub Tema (Komunikasi)

6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar. (Komunikasi)

7.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit

Kegiatan Inti

1.      Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration

2.      Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa. Literasi

3.      Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?) Communication

4.      Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut:

a.       Apa yang diceritakan gambar tersebut?

b.      Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu!

5.      Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya. Collaboration

6.      Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.

7.      Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada teman sebelahnya. Mandiri

8.      Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti. Critical Thinking and Problem Solving

9.      Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas. (Mengamati)

10.  Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut.

11.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. Mandiri

12.  Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada gambar. Creativity and Innovation

13.  Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka kedalam bentuk tulisan/cerita .

14.  Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi.

15.  Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di Bumi.

16.  Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)

17.  Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi

18.  Siswa kemudian menuliskan manfaat matahri bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran. Mandiri

19.  Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.

20.  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.

21.  Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.

22.  Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.

23.  Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.

24.  Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.

25.  Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam. Gotong Royong

26.  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.

27.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.

28.  Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.  Collaboration

29.  Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya. (Mengekplorasi)

30.  Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan. (Mengkomunikasikan)

31.  Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan. Literasi

32. Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya.

140 menit

Kegiatan Penutup

1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

4.      Melakukan penilaian hasil belajar

5.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

10 menit

 

I.       Penilaian

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4        

 

1.      Bahasa Indonesia

Teks visual

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Mengidentifikasi gambar

 

Mengidentifikasi semua gambar dengan cermat.

ü

 

Mengidentifikasi sebagian besar gambar dengan cermat.

 

Mengidentifikasi sebagian gambar dengan cermat.

 

Mengidentifikasi sebagian kecil gambar dengan cermat.

 

Gagasan pokok

 

Terdapat kesesuaian isi

antara teks visual dan gagasan pokok yang dituliskan Gagasan pokoh ditulis dengan didukung oleh fakta terperinci.

 

Gagasan pokok sesuai dengan

isi teks visual meskipun ditulis dengan kurang terperinci.

ü

 

Gagasan pokok pokok cukup

sesuai dan kurang terperinci.

 

Gagasan pokok kurang tepat.

 

Kosakata Baku

 

Menggunakan

kosakata baku dalam semua pertanyaan.

 

Menggunakan

kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

ü

 

Menggunakan

kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

 

Belum mampu

menggunakan kosakata baku dalam pertanyaan.

 

Kalimat Efektif

 

Menggunakan kalimat efektif

dalam semua pertanyaan.

 

Menggunakan kalimat efektif

dalam sebagian besar pertanyaan.

 

Menggunakan kalimat efektif

dalam sebagian kecil pertanyaan.

ü

 

Belum mampu menggunakan

kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

 

Sikap:

Mandiri

 

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

 

Sebagian besar

tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

 

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi dan bimbingan guru.

 

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (Skoring):  Total Nilai Siswa    x 10 

                               Total Nilai Maksimal

Contoh: 15 x 10 = 7,5

               20

1.      IPA

Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menjelaskan 10 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

ü

 

Menjelaskan 5-9 manfaat energi matahari dalam kehidupan

sehari-hari dengan tepat.

 

Menjelaskan 3-4 manfaat energi matahari dalam kehidupan

sehari-hari dengan tepat.

 

Menjelaskan 1-2 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

Laporan hasil

pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari.

 

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dengan tepat.

ü

 

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dengan cukup tepat.

 

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dengan kurang tepat.

 

Belum mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk

energi matahari dengan tepat.

 

Sikap Rasa

Ingin Tahu

 

Tampak antusias

dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tampak cukup

antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

 

Tampak kurang

antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tidak tampak

antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Penilaian (Skoring):   Total Nilai Siswa  x 10

                               Total Nilai Maksimal

Contoh: 11 x 10 = 9,1

              12

Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian halaman lain

 

3.IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Penyajian hasil

identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.

 

Mampu

menyajikan

hasil identifikasi

sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

ü

 

Mampu

menyajikan

hasil identifikasi

sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan cukup

sistematis.

 

Mampu

menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan

pemanfaatanny a dalam bentuk tulisan dengan kurang sistematis.

 

Belum mampu

menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

 

Sikap

Peduli

 

Peduli terhadap

keberadaan

sumber daya alam Indonesia secara konsisten

 

Cukup peduli

terhadap

keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

 

Kurang peduli

terhadap

keberadaan sumber daya alam Indonesia.

 

Belum

menunjukkan

kepedulian terhadap keberadaan

sumber daya alam.

 

Sikap

Tanggung Jawab

 

Bertangung

jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

Cukup ber-

tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

ü

 

Kurang ber-

tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

Belum bertangung

jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Penilaian (Skoring):  Total Nilai Siswa    x 10

                                Total Nilai Maksimal

Contoh: 10  x 10 = 7,5

              12

 

b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Komunikasi

non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

ü

 

Merespon dengan

tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

 

Sering merespon

kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

 

Membutuhkan

bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

 

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).

 

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

 

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

ü

 

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

 

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 

 

Penilaian (Skoring):  Total Nilai Siswa   x 10

                                Total Nilai Maksimal

Contoh: 7   x 10 = 8,75

              8

 

Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.

Remedial

Bagi siswa yang belum terampil menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan sebaliknya, akan diberikan pendampingan oleh guru.

Siswa tersebut dapat diberikan tugas rumah terkait materi.

 

                                                                                                                   ............, ......................2018      

     Mengatahui,                                                                                                       

              Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas IV

 

 

 

 

(.......................................)                                                                       (.......................................)


Post a Comment

1 Comments