RPP Kelas IV Tema 1 Keberagaman Budaya bangsaku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

TEMATIK TERPADU

 

                        Sekolah                       :           SD Nusantara

                        Kelas/Semester         :           IV/1 (satu)

                        Tema                          :           1. Indahnya Kebersamaan

                        Subtema                     :           1.  Keberagaman Budaya Bangsaku

                        Pembelajaran ke       :           1

                        Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit (1 kali pertemuan)

 

 

A.       Kompetensi Inti (KI)

 

  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

            Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

 

3.1.1.Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks  tulis.

 

4.1.         Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan.

4.1.1.      Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

 


IPS

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.         Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang

3.2.1.    Menyebutkan keragaman budaya,  etnis, dan agama dari   teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap

4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang

4.2.1.      Mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis

 

 

           IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6.    Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

3.6.1.      Menjelaskan cara menghasilkan   bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

4.6.   Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.

 

 

4.6.1.    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

 

 

C.   Tujuan Pembelajaran

1.   Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan teliti.

3.   Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan tepat.

4.  Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dengan percaya diri dan tulisan dengan sistematis.

5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan teliti.

7. Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan.

8. Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan.

 

D.       Materi Pembelajaran.

1.   Gagasan pokok dan gagasan pendukung pada sebuah paragraf.

2.   Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama Bangsa Indonesia.

3.   Sifat-sifat bunyi.

 

E.        Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, diskusi, peta pikiran,

                                                  wawancara dan percobaan.

 

F.        Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Oval Callout: Komunikasi,PPKOval Callout: CriticalOval Callout: PPKOval Callout: LiterasiDeskripsi

Oval Callout: PPKAlokasi Waktu

Pendahuluan

 

1.         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. (Komunikasi)

2.         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan suasana, guru dapat menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 17, Maka mintalah siswa dengan nomor  absen 17 untuk memimpin doa). (Religius)

3.         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang (sikap syukur)

4.         Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Lakukan operasi semut jika kelas masih kurang rapi. (Karakter)

5.         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (Nasionalisme)

6.         Salam PPK ,tepuk PPK , Salam Literasi dan Mars PPK.

7.         Guru Menulis Tema dan Sub Tema di Papan Tulis. (Komunikasi)

8.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. (Komunikasi)

9.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, teliti dan percaya diri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.(Karakter)

10.     Pembiasaan membaca nyaring 15 menit (Catatan : akan lebih baik jika Guru membacakan buku cerita rakyat, atau buku lain yang sesuai dengan materi).

a.        Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

-             apa yang tergambar pada sampul buku?

-             apa judul buku?

-             kira-kira buku ini menceritakan apa?

-             pernahkah kamu membaca judul seperti itu?

-             apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku

         ini? (Literasi)

b.   Pada saat membaca, guru menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama. (Komunikasi)

c.    Setelah guru membacakan buku, siswa diminta membuat peta cerita/mind map. (Literasi)

 

30 menit

Kegiatan inti

 

1.             Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. Siswa diminta (Tanya).

2.             Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan terkait gambar yang diamati. (Tanya)

3.             Siswa diajak berdiskusi tentang pakaian adat, rumah tradisional dan makanan daerah. (Komunikasi)

4.             Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini akan mempelajari budaya Indonesia. (Komunikasi)

5.             Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman budaya Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan pembuka, asal suku para siswa (misalnya,

Suku Jawa, Sunda, Minang, dst). (Kolaborasi)

6.             Siswa berpasangan saling mendiskusikan

asal suku masing-masing. Jika mayoritas

siswa berasal dari suku yang sama, siswa

diminta untuk menceritakan 1 suku yang mereka ketahui.

7.             Hasil diskusi dibahas dan disimpulkan secara klasikal.

8.             Siswa dibagi dalam kelompok dengan 3-4 anggota. Mintalah setiap kelompok untuk membaca teks ‘Pawai Budaya’    pada Buku Siswa (BS) Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 1, halaman 1-2.   Mintalah siswa untuk menandai paragraf  dengan nomor 1 s/d 5.

9.             Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok.

10.         Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi tentang isi paragraf 1.

11.         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Siswa yang lain diminta memberikan tanggapan. Kelompok melakukan perbaikan atas masukan siswa yang lain.

12.         Lakukan hal yang sama untuk paragraf 2.

13.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung sebuah paragraf.

14.         Siswa bersama guru mendiskusikan kata-kata sulit yang terdapat dalam paragraf.

15.         Siswa melanjutkan aktivitas secara mandiri dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, 5 dalam bentuk peta pikiran, sebagaimana bentuk peta pikiran pada BS halaman 4, 5, dan 6.

16.         Selama siswa melakukan aktivitas membuat peta pikiran. Guru dapat berkeliling untuk memberikan penguatan. Peta pikiran dapat dinilai dengan rubrik.

17.         Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas.

18.         Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 5 teman di kelas atau lintas kelas.

19.         Selama siswa melakukan wawancara, guru dapat melakukan pendampingan, sekaligus memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.

20.         Hasil wawancara dituangkan dalam tabel pada BS halaman 8.

21.         Siswa menyimak penguatan yang disampaikan guru tentang pentingnya sikap saling menghargai keragaman budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.

22.         Setelah mengisi tabel. Aktivitas dilanjutkan dengan mengisi pertanyaan sebagaimana pada BS halaman 8.

23.         Siswa menyimak penguatan guru tentang sikap syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa tentang keberagaman bangsa Indonesia.

24.         Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa menuliskan pada kolom BS halaman 9 tentang contoh sikap saling menghargai keberagaman dan yang tidak menghargai keberagaman.

25.         Siswa saling mendiskusikan tugas yang telah diselesaikan.

26.         Segarkan suasana dengan ice breaking : Tepuk Cek Bum.

Prosedurnya :

Guru

Siswa

Guru menyebutkan ‘Cek’

bertepuk tangan 1 X

Guru menyebutkan ‘Bum’

menepuk paha 1 X

Cek, cek, bum

bertepuk tangan 2 X,

menepuk paha 1 X

Variasikan ucapan, misal: cek, bum, bum, cek,

dan sebagainya.

 

27.        Siswa diajak berdiskusi, mengapa sebuah tepukan dapat kita dengar?. Guru memberikan penguatan tentang sifat-sifat bunyi.

28.        Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang berbagai alat musik tradisional yang ada di buku siswa serta mengisi tabel pada halaman 11.

29.        Siswa melakukan eksplorasi menggunakan benda-benda yang terdapat di sekitar kelas.

30.        Setiap siswa diminta mengambil 5 benda yang ada di sekitar kelas, yang menghasilkan bunyi yang berbeda.

 

Guru dapmenyiapkan beragam benda yang menghasilkan bunyi dengan cara berbeda, seperti peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyangkan), dan sebagainya.

Jika jumlah benda terbatas, setiap siswa dapat mengambil dua benda, yang kemudian akan digunakan secara bergantian.

 

31.    Siswa diminta membunyikan benda-benda tersebut.

32.    Siswa diminta menuliskan hasil temuan mereka pada tabel.

 

No

Benda

Cara Membunyikan

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

 

  27.     Siswa dibimbing untuk merumuskan  permasalahan.

  28.     Permasalahan dirumuskan dalam pertanyaan, misalnya (1) mengapa alat musik tradisional berbunyi ketika dimainkan?, (2) mengapa peralatan seperti panci, piring, peluit, dan sendok dapat dibunyikan dengan perlakuan tertentu?

  29.     Siswa membuat dugaan jawaban atas pertanyaan tersebut.

  30.     Siswa dengan dibimbing guru, mencari informasi untuk menyakinkan dugaannya, misalnya dengan membaca berbagai buku sumber. Guru dapat mengarahkan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat mengantarkan siswa untuk meyakinkan jawabannya.

  31.     Siswa mencatat informasi yang diperolehnya. Siswa mencocokkan informasi yang diperoleh dengan percobaan yang dilakukannya. Misalnya, bunyi terjadi karena ada sesuatu yang digetarkan pada benda tersebut.

  32.     Siswa mendiskusikan hasil temuannya dalam kelompok dengan kelompok lain.

  33.     Siswa menyimpulkan dugaannya berdasarkan percobaan yang dilakukan.

  34.     Siswa menyimak penguatan guru atas  hasil percobaan mengenai proses terjadinya bunyi.

  35.     Selanjutnya, setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda dan menampilkan hasil karya kombinasi bunyi secara bergantian.

  36.     Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di BS halaman 14 dan 15 berdasarkan hasil kerja sama mereka dalam menciptakan kombinasi bunyi.

  37.     Siswa menyimak penguatan guru bahwa dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.

165 menit

Penutup

1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;

-          Apa saja yang telah dipahami siswa?

-          Apa yang belum dipahami siswa?

-          Bagaimana perasaan selama pembelajaran?

2.         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua, yaitu : meminta orangtua untuk menceritakan pengalaman menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah dan menceritakan hasilnya kepada guru.

4.        Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, percaya diri dan teliti.

5.        Siswa menyanyikan lagu ‘Dari Sabang sampai  Merauke’

6.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga

  kebersihan kelas.

7.        Untuk tetap menumbuhkan keceriaan, siswa melakukan tepuk gemuruh. Siswa diminta tepuk tangan dengan volume mengikuti gerakan tangan guru. Ketika posisi tangan guru di bawah, siswa tepuk tangan pelan. Ketika gerakan tangan guru semakin ke atas, suara tepukan semakin kencang.

8.      Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.

9.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 Menit

 

 

 

G.       Penilaian

1.     Sikap

Teknik       : Observasi

Instrumen  : Format Penilaian Sikap (Jurnal)

 

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

2.     Pengetahuan

Teknik       : Tes tertulis.

Instrumen  : Soal uraian.

 

 

 

 

Muatan

Kompetensi Dasar

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Bahasa Indonesia

3.1.            Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks  tulis.

Tes tertulis

Soal uraian

IPS

3.2.            Menyebutkan keragaman budaya,  etnis, dan agama dari  teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

Tes tertulis

Soal isian

IPA

3.6.            Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

Tes tertulis

Soal uraian

 

 

3.     Keterampilan

Teknik       : Produk.

Instrumen  : Rubrik penilaian.

 

a.        Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik :

Kriteria

 

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

 

Cukup

(2)

 

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan

Gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar

Menemukan

sebagian besar

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar

Menemukan

sebagian kecil

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar

Belum dapat

menemukan

gagasan pokok

Gagasan

Pendukung

Menemukan

gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar

Menemukan

sebagian

besar gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar

Menemukan

sebagian

kecil gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar

Belum dapat

menemukan

gagasan

pendukung

Penyajian

gagasan pokok

dan gagasan

pendukukung

dalam peta

pikiran

Menyajikan

seluruh gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat

Menyajikan

sebagian besar gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat

Menyajikan

sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Belum dapat

menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran

 

b.     IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik :

Kriteria

 

Sangat Baik

(4)

 

Baik

(3)

 

Cukup

(2)

 

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama.

 

Menuliskan

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Menuliskan

sebagian besar

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

cukup lengkap

 

Menuliskan

sebagian kecil

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

kurang lengkap

Belum dapat

menuliskan

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan hasil

wawancara

Komunikasi

lisan tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

Mengomunikasi-kan

secara lisan

tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

dengan

sistematis

Mengomunika-sikan secara lisan

sebagian besar

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

cukup sistematis

Mengomunika-sikan

secara lisan

sebagian kecil

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

kurang

sistematis

Belum dapat

Mengomuni-kasikan

secara lisan

tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan hasil

wawancara

 

c.         IPA

Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik:

 

Kriteria

 

Sangat Baik

(4)

 

Baik

(3)

 

Cukup

(2)

 

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghasilkan

bunyi

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

semua benda

berdasarkan

hasil eksplorasi

dengan lengkap

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

besar benda

berdasarkan hasil

eksplorasi cukup

lengkap

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

kecil benda

berdasarkan hasil

eksplorasi kurang

lengkap

Belum dapat

menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari benda

berdasarkan hasil

eksplorasi

Laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

semua benda

berdasarkan

hasil eksplorasi

dengan

sistematis

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

besar benda

berdasarkan hasil

eksplorasi cukup

sistematis

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

kecil benda

berdasarkan hasil

eksplorasi kurang

sistematis

Belum dapat

menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari benda

berdasarkan hasil

eksplorasi

Sikap rasa ingin

Tahu

Tampak antusias

dan mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama kegiatan

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan

Tidak tampak

antusias

dan perlu

dimotivasi untuk

mengajukan ide

dan pertanyaan

 

 

 

4.     Remedial

Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

 

5.   Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan pertunjukan kombinasi bunyi di kelas lain.

 

 

H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

Media/Alat               :  Buku cerita rakyat atau buku cerita lain yang sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat musik (disesuaikan dengan kondisi sekolah).

Bahan                       :   -

Sumber Belajar    : Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                ............, ......................2018       

Mengatahui,                                                                                                  

       Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas IV

 

 

 

 

(.......................................)                                                                     (.......................................)

 

 

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments