Format Tatanan Pembuatan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

1.     Contoh Format RPP Tematik Terpadu

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

TEMATIK TERPADU

                   Sekolah                :           ..................................

                                           Kelas/Semester  :           ..................................

                                           Tema                    :           ..................................

                                           Subtema              :           ..................................

                                           Pembelajaran ke:           ..................................

                                           Alokasi Waktu    :           ..................................

 

  1. Kompetensi Inti (KI)

1.      ..............................................................................................................

2.      ..............................................................................................................

3.      ..............................................................................................................

4.      ..............................................................................................................

 

Dicuplik dari Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 atau Buku Guru

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi *)

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1..................................................................

-

2.1..................................................................

-

3.1..................................................................

....................................................................................

4.1.................................................................

...................................................................................

 

           Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1........................................................……..

...................................................................................

4.1.................................................................

..................................................................................

 

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.....................................................

........................................................

4.1..................................................

.........................................................

         

 

*) : Dituliskan KD pada KI -3  dan  KD pada KI – 4   dari   seluruh  muatan  pelajaran yang ada dalam pemetaan setiap pembelajaran. Khusus untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan  PPKn, dituliskan  KD pada KI – 1, KD pada KI – 2, KD pada KI-3 dan KD pada KI - 4.

 

·      Indikator KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 dikembangkan oleh guru.

 

C.        Tujuan Pembelajaran

·         Tujuan pembelajaran ditambahkan pada komponen RPP Tematik Terpadu karena berfungsi untuk memandu guru dalam mengaitkan berbagai konsep muatan mata pelajaran melalui berbagai aktivitas pembelajaran.

·         Tujuan pembelajaran memuat proses dan hasil pembelajaran.

·         Tujuan pembelajaran diupayakan memuat A (audience) yakni siswa, B (behavior) atau kemampuan yang akan dicapai, C (condition) atau aktivitas yang akan dilakukan, dan D (degree) atau tingkatan/perilaku yang diharapkan.

·         Pada tujuan pembelajaran ditambahkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan ruang lingkup KD/Indikator atau aktivitas pembelajaran yang direncanakan. Penambahan nilai karakter tersebut, didasarkan pada kebutuhan pembelajaran dan tidak terkesan dipaksakan.

 

D.       Materi Pembelajaran

·      Materi pelajaran dapat  berasal  dari  buku  siswa dan buku guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar.

·      Materi pembelajaran pada RPP bisa memuat pokok-pokok materi pembelajaran.

 

E.     Metode Pembelajaran

·      Dituliskan metode belajar aktif yang akan digunakan

 

F.   Langkah-langkah Pembelajaran

1.       Kegiatan Pendahuluan

  • Merupakan kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
  • Integrasikan kegiatan-kegiatan yang dapat menguatan karakter peserta didik.

 

2.      Kegiatan Inti

Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan inti adalah melatih peserta  didik untuk memiliki keterampilan berpikir saintifik, yaitu :

·               Mengamati

·               Menanya

·               Mengumpulkan informasi/mencoba

·               Menalar/mengasosiasi

·               Mengomunikasikan

 

Pendekatan yang digunakan bisa memilih misalnya Pembelajaran Kontekstual atau Saintifik. Dengan demikian pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tersebut tidak harus berurutan tergantung pendekatan yang dipilih sesuai dengan cakupan muatan pembelajaran.  Setiap langkah pembelajaran dapat menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.

 

Tambahkan kegiatan-kegiatan yang dapat menguatkan karakter peserta didik melalui PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah dan PPK berbasis masyarakat dengan penguatan literasi, kompetensi abad 21 (khususnya 4C) dan HOTS berada didalamnya.

 

3.      Kegiatan Penutup

Merupakan kegiatan akhir pembelajaran berupa membuat rangkuman/simpulan, melakukan refleksi, melakukan penilaian dan merencanakan tindak lanjut pembelajaran. Pada tahap ini perlu ditutup dengan kegiatan yang bisa menanamkan nilai-nilai karakter misalnya berdoa, mengafirmasi keberhasilan, menyanyikan lagu-lagu nasional, lagu-lagu daerah atau membaca puisi, dan merapikan kembali peralatan-peralatan milik pribadi atau yang ada di sekitar.

 

 

·        Secara khusus, pada saat melakukan refleksi, rencanakanlah kegiatan yang dapat mendorong peserta didik untuk memahami nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran.

·        Untuk rencana tindak lanjut, sebagai alternatif, peserta didik dapat diberikan penugasan untuk menguatkan karakter melalui kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah atau lingkungan masyarakat.

 

G.   Penilaian

1. Jenis dan Teknik penilaian

2. Instrumen penilaian

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran

 

H.   Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

 1. Media/alat

2. Bahan

3. Sumber Belajar

 

Catatan:

Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran.


Post a Comment

0 Comments