RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : ..................................
Kelas/Semester : ..................................
Tema : ..................................
Subtema : ..................................
Pembelajaran ke: ..................................
Alokasi Waktu : ..................................
- Kompetensi
Inti (KI)
1.
..............................................................................................................
2.
..............................................................................................................
3.
..............................................................................................................
4.
..............................................................................................................
Dicuplik dari
Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 atau Buku Guru
|
- Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian
Kompetensi *)
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.1..................................................................
|
-
|
2.1..................................................................
|
-
|
3.1..................................................................
|
....................................................................................
|
4.1.................................................................
|
...................................................................................
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.1........................................................……..
|
...................................................................................
|
4.1.................................................................
|
..................................................................................
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.1.....................................................
|
........................................................
|
4.1..................................................
|
.........................................................
|
*) : Dituliskan KD pada KI -3 dan KD pada KI – 4 dari seluruh
muatan pelajaran yang ada
dalam pemetaan setiap pembelajaran. Khusus untuk Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti dan PPKn, dituliskan KD pada KI – 1, KD pada KI – 2, KD pada KI-3 dan KD pada KI - 4.
|
·
Indikator KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 dikembangkan oleh guru.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
·
Tujuan
pembelajaran ditambahkan pada komponen RPP Tematik Terpadu karena berfungsi
untuk memandu guru dalam mengaitkan berbagai konsep muatan mata pelajaran
melalui berbagai aktivitas pembelajaran.
·
Tujuan
pembelajaran memuat proses dan hasil pembelajaran.
·
Tujuan
pembelajaran diupayakan memuat A (audience)
yakni siswa, B (behavior) atau
kemampuan yang akan dicapai, C (condition)
atau aktivitas yang akan dilakukan, dan D (degree) atau tingkatan/perilaku yang diharapkan.
·
Pada
tujuan pembelajaran ditambahkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan
ruang lingkup KD/Indikator atau aktivitas pembelajaran yang direncanakan.
Penambahan nilai karakter tersebut, didasarkan pada kebutuhan pembelajaran
dan tidak terkesan dipaksakan.
|
D. Materi Pembelajaran
·
Materi pelajaran dapat berasal
dari
buku siswa dan
buku guru, sumber belajar lain
berupa muatan
lokal, materi
kekinian,
konteks pembelajaran dari lingkungan
sekitar.
·
Materi pembelajaran pada RPP bisa memuat pokok-pokok
materi pembelajaran.
|
E. Metode Pembelajaran
·
Dituliskan metode belajar aktif yang akan digunakan
|
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
- Merupakan kegiatan
awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi
dan memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
- Integrasikan
kegiatan-kegiatan yang dapat menguatan karakter peserta didik.
|
2.
Kegiatan Inti
Salah satu alternatif yang dapat
digunakan dalam kegiatan inti adalah melatih peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir saintifik, yaitu :
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
Pendekatan
yang digunakan bisa memilih misalnya Pembelajaran Kontekstual atau
Saintifik. Dengan demikian pada kegiatan inti,
kelima pengalaman belajar tersebut tidak harus
berurutan tergantung pendekatan
yang dipilih sesuai dengan cakupan muatan pembelajaran. Setiap
langkah pembelajaran dapat menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.
|
Tambahkan
kegiatan-kegiatan yang dapat menguatkan karakter peserta didik melalui PPK
berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah dan PPK berbasis masyarakat dengan
penguatan literasi, kompetensi abad 21 (khususnya 4C) dan HOTS berada didalamnya.
|
3.
Kegiatan Penutup
Merupakan
kegiatan akhir pembelajaran berupa membuat rangkuman/simpulan, melakukan
refleksi, melakukan penilaian dan merencanakan tindak lanjut pembelajaran.
Pada tahap ini perlu ditutup dengan kegiatan yang bisa menanamkan
nilai-nilai karakter misalnya berdoa, mengafirmasi keberhasilan,
menyanyikan lagu-lagu nasional, lagu-lagu daerah atau membaca puisi, dan
merapikan kembali peralatan-peralatan milik pribadi atau yang ada di sekitar.
|
·
Secara
khusus, pada saat melakukan refleksi, rencanakanlah kegiatan yang dapat
mendorong peserta didik untuk memahami nilai-nilai karakter yang
dikembangkan dalam pembelajaran.
·
Untuk
rencana tindak lanjut, sebagai alternatif, peserta didik dapat diberikan
penugasan untuk menguatkan karakter melalui kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan bersama keluarga di rumah atau lingkungan masyarakat.
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran
H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
Catatan:
Komponen
RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan
diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut
memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran.
|
|
0 Comments