RPP Kelas 2 Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

REVISI 2018

(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan              : SDN Sekaran

Kelas/Semester                   : II/1(satu)

Tema                                   : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema                              : 1. Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran                       : 2

Alokasi Waktu                    : 1 hari

 

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang  dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan  tetangga, dan negara.

3.      Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di  rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4.      Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif,    kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan    yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan    perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

PJOK

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4  Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

3.4.1        Menjelaskan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

 

4.4  Mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional

4.4.1        Mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar

 

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.4  Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dengan keberagaman di rumah dan sekolah

1.4.1        Mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat.

 

2.4  Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

2.4.1        Menerapkan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dan di rumah.

3.4  Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

3.4.1        Menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar.

4.4  Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

4.4.1        Menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun.

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

3.4.1        Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.

3.4.2        Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.

4.4.   Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.4.2        Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.

4.4.3        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.

4.4.4        Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat.

2.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar.

3.      Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun.

4.      Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.

5.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.

6.      Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.

7.      Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.

8.      Dengan berpedoman pada hasil laporan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.

9.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

10.  Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

 

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

 

D.    Materi Pembelajaran

1.      Gerakan seimbang

2.      Sikap persatuan

3.      Teks berkaitan dengan hidup sehat dan bersih di rumah

 

E.     Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan            : Saintifik dan Student Centered Learning

Metode                  : Permainan/simulasi, Penugasan, Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab.

Model                     : Discovery Learning

 

F.     Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)

2.      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalis).

4.      Yel-yel : Salam PPK, Tepuk PPK, dll.

5.      Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara, materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi.

6.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”tema 4 Hidup Bersih dan Sehat”. Dengan subtema 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah (Integritas)

15 menit

Inti

1.      Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar kegiatan keluarga Dayu di halaman rumah.

2.      Bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan isi gambar.

Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:

-          Apa yang dilakukan Dayu dan keluarga?

-          Sikap apa yang mereka tunjukkan?

-          Dan sebagainya.

3.      Siswa diarahkan untuk mengamati gambar yang berkaitan dengan contoh sikap hidup bersatu di pekarangan rumah.

4.      Siswa mendiskusikan isi setiap gambar dengan menjawab soal-soal yang diberikan pada Buku Siswa. ( Collaboration )

5.      Mengoreksi kebenaran jawaban siswa terkait dengan isi gambar yang sebenarnya.

6.      Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.

7.      Siswa diminta menceritakan pengalaman yang pernah dilakukan bersama keluarga yang mencerminkan sikap hidup bersatu. (Collaboration)

8.      Ketika menceritakan pengalaman, siswa hendaknya diarahkan agar percaya diri dan menggunakan bahasa yang santun.

9.      Memberikan skor terhadap cerita pengalaman siswa.

10.  Memberikan penguatan dan motivasi kepada setiap siswa berdasarkan hasil ceritanya.

11.  Siswa membaca teks “Halaman Rumah Dayu Indah dan Asri”.

12.  Ketika membaca, siswa diarahkan untuk memperhatikan kejelasan lafal dan intonasi yang digunakan.

13.  Jika diperlukan, guru hendaknya mencontohkan terlebih dahulu cara membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.

14.  Bertanya jawab tentang isi teks yang telah dibaca.

15.  Siswa diarahkan untuk menemukan sikap yang patut diteladani berdasarkan isi teks yang telah dibaca. (Mandiri)

16.  Siswa mengamati gambar pekarangan rumah yang bersih dengan berpedoman pada teks yang telah dibaca sebelumnya.

17.  Bertanya jawab tentang isi gambar yang diamati. Pertanyaan yang diajukan, misalnya:

-          Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari gambar yang kamu amati?

-          Apa yang harus dilakukan agar tercipta suasana lingkungan seperti gambar?

18.  Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana.

19.  Perlu diingat bahwa ketika menulis laporan harus memperhatikan ejaan yang benar.

20.  Setelah laporan selesai, siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.

21.  Guru memberikan penguatan dan motivasi terhadap hasil kerja siswa dalam membuat laporan sederhana.

22.  Karena ini pepindahan bidang studi, guru menggiring siswa tentang halaman yang bersih. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan “Apa saja yang dapat kita lakukan di halaman rumah?”

23.  Guru menghubungkan halaman bersih dengan kenyamanan aktivitas berolahraga. (Communication)

24.  Siswa mengamati gambar latihan keseimbangan tubuh dalam posisi diam, yaitu berjinjit sambil bertolak pinggang, mengangkat satu kaki lurus ke depan, berdiri menyerupai huruf T, dan sikap kapal terbang. (Creativity and Innovation)

25.  Bertanya jawab tentang prosedur melakukan gerakan seimbang dalam posisi diam seperti gambar.

26.  Siswa berlatih keseimbangan tubuh dalam posisi diam seperti gambar secara berkelompok. (Gotong-royong)

27.  Siswa mencoba melakukan gerakan keseimbangan tubuh dalam posisi diam. Ketika melakukan kegiatan ini, perlu dibimbing sifat jujur dalam diri siswa.

28.  Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah mengikuti latihan keseimbangan tubuh dalam posisi diam. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Bagaimana perasaanmu setelah melakukan gerakan keseimbangan dalam posisi diam?”, “Apa manfaatnya bagi kita setelah melakukan gerekan keseimbangan dalam posisi diam?”

29.  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.

30.  Memberikan penguatan dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa.

150 menit

Penutup

1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)

2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

4.      Melakukan penilaian hasil belajar

5.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

10    menit

 

G.    Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

-    Gambar pekarangan rumah yang sehat dan bersih.

-    Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas II,  Tema : Hidup Bersih dan Sehat, Subtema 1: Hidup Bersih dan Sehat di Rumah, Pembelajaran 2.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

H.    Penilaian

1.      Sikap

Format Penilaian Sikap

Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang terlihat!

No

Nama Siswa

Jujur

Disiplin

Tanggung Jawab

Santun

Peduli

Percaya Diri

T

BT

T

BT

T

BT

T

BT

T

BT

T

BT

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

T : Terlihat

BT : Belum Terlihat

 

2.      Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)

       Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih. Skor : 5       

       Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih. Skor : 3

3.      Penilaian Keterampilan

a.    Membuat laporan sederhana tentang lingkungan rumah yang bersih dan sehat.

No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

1

Kelengkapan isi laporan

Isi laporan

lengkap

Isi laporan

mencakup

sebagian

besar isi

gambar

Isi laporan

hanya

mencakup

sebagian kecil

isi gambar

Isi laporan

belum sesuai

dengan isi

gambar

2

Tampilan

Tulisan jelas,

rapi, dan

bersih

Tulisan jelas,

tetapi kurang

rapi atau

bersih

Tulisan kurang

jelas

Tulisan tidak

bisa dibaca

b.    Mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dalam permainan

No

Kriteria

Terlihat (√)

Belum Terlihat (√)

1

Siswa mampu mengikuti instruksi

 

 

2

Siswa terlibat aktif dalam menirukan gerakan

 

 

3

Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menirukan gerakan

 

 

Hasil Penilaian Mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dalam permainan

 

c.    Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang bersih.

No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

1

Kemampuan

Membaca

Teks

Siswa mampu

membaca

keseluruhan

teks

Siswa mampu

membaca

setengah atau

lebih bagian

teks

Siswa mampu

membaca

kurang dari

setengah

bagian teks

Siswa belum

mampu

membaca

teks

2

Pemahaman

Isi Teks

Mampu

menjawab

semua

pertanyaan

yang diajukan

Mampu

menjawab

setengah

atau lebih

pertanyaan

yang diajukan

Mampu

menjawab

kurang dari

setengah

bagian teks

Belum

mampu

menjawab

semua

pertanyaan

yang diajukan

 

d.   Menceritakan pengalaman tentang kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah.

No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

1

Kemampuan

Bercerita

Siswa bercerita

dengan lancar

Setengah

bagian cerita

disampaikan

dengan lancar

Kurang dari

setengah

bagian cerita

disampaikan

dengan lancar

Belum mampu

bercerita

2

Volume Suara

Terdengar

sampai seluruh

ruang kelas

Terdengar

sampai

setengah ruang

kelas

Terdengar

hanya bagian

depan ruang

kelas

Suara sangat

pelan atau

tidak terdengar

 

I.       Remidial dan Pengayaan

Kegiatan Remedial

1.         Menjelaskan ulang tentang halaman rumah yang bersih dan sehat, bagi siswa yang belum paham.

2.         Menjelaskan kembali tentang berbagai bentuk kegiatan bersama yang pernah dilakukan di lingkungan keluarga tepatnya di halaman rumah.

3.         Membimbing siswa yang belum bisa melakukan gerakan keseimbangan dalam posisi diam

Kegiatan Pengayaan

1.         Siswa membaca teks-teks yang berhubungan dengan halaman rumah yang sehat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.         Siswa diarahkan untuk membaca tentang contoh-contoh sikap kebersamaan dalam lingkungan keluarga di perpustakaan sekolah dan menghubungkannya dengan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

3.         Siswa mengembangkan lebih lanjut gerakan keseimbangan dalam posisi diam dalam bentuk permainan sederhana.

 

 

Refleksi Guru

1.      Apa saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?

..............................................................................................................................................................................................................................................................

 

2.      Siapa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?

..............................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Apa saja hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?

..............................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Apa saja hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?

..............................................................................................................................................................................................................................................................

Sekaran, 08 Nopember 2018

Kepala SD Negeri Sekaran

 

 

 

 

Hj. DEMES IRAWATI, S.Pd.

NIP: 19620708 19830 2020

Guru Kelas II

 

 

 

 

DIKA AYU RAHMAWATI

NIM: 2015.1.02648

 


Post a Comment

0 Comments