MAKALAH
Manfaat Komputer dan Internet dalam
Pendidikan
Untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK
Dosen Pengampu:
Allinda Hamidah, M. Pd.
Disusun Oleh:
Dika Ayu Rahmawati (idh)
Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
AL-FATTAH
SIMAN SEKARAN LAMONGAN
April 2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah TIK “Manfaat
Komputer dan Internet dalam Pendidikan”
Makalah ini disusun berdasarkan
tugas yang diberikan oleh Dosen mata kuliah TIK untuk menambah wawasan penulis. Makalah ini disusun dengan harapan
dapat bermanfaat bagi semua kalangan dan terutama bagi penulis sendiri. Ucapan
terima kasih juga tak lupa kami haturkan kepada semua pihak yang telah terlibat
dalam penyusunan makalah ini, antara lain:
1. Tuhan Yang
Maha Esa, karena dengan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan
makalah ini dengan lancar dan tanpa gangguan.
2. Allindah
Hamidah, M.Pd. selaku Dosen mata kuliah TIK, yang telah membimbing kami dalam
menyusun makalah ini.
3. Keluarga yang senantiasa mendukung kami.
4. Teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan
makalah.
5. Semua pihak yang telah terlibat yang tak dapat kami
sebutkan satu-persatu.
Kami menyadari makalah ini masih banyak memiliki
kekurangan. Untuk itu, kami mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari
semua pihak agar kedepannya kami lebih baik lagi dalam menyusun sebuah makalah.
Sekaran, 05 April 2019
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................. i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang......................................................................................
1
B. Rumusan Masalah.................................................................................
1
C. Tujuan...................................................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Komputer............................................................................ 3
B. Pengertian
Internet............................................................................... 4
C. Perkembangan
TIK dalam Pendidikan................................................. 5
D. Manfaat
Komputer dan Internet dalam Pendidikan............................. 7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan........................................................................................... 12
B. Saran .................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era
globalisasi saat ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat,
masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk
membantu mempermudah pekerjaan mereka. Dalam pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi tren
tersendiri, terutama untuk meningkatkan kualitas Sumber
Daya Manusia
(SDM) serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Dalam proses pembelajaran, pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan
kreativitasnya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya
masih banyak pendidik yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun
teknologi yang ada, sehingga penggunaan dari media atau teknologi tersebut
dalam pembelajaran dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari
teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.
Salah satu
teknologi yang sering digunakan saat ini dalam pendidikan adalah komputer dan internet. Komputer
dan internet sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses
informasi dari segala penjuru dunia, komputer dan internet juga dapat membantu para pendidik untuk
mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah
maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan
pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
Perkembangan
teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Institusi atau lembaga pendidikan yang tidak menerapkan teknologi
khususnya komputer akan kalah bersaing. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah
merupakan salah satu cara sekolah untuk meningkatkan kualitas institusinya,
karena dengan alat tersebut sebuah sekolah dapat meningkatkan akses,
mempercepat proses dan memperlancar administrasi serta meningkatkan keefektifan
proses belajar mengajar.
Dengan kemajuan
teknologi, perkembangan pendidikan di sekolah semakin lama semakin mengalami
perubahan dan mendorong berbagai usaha perubahan. Pendidikan di sekolah-sekolah
telah menunjukkan perkembangan pesat di bidang kurikulum, peralatan, dan
penilaian. Begitu juga terjadi perubahan pada bidang administrasi pendidikan,
organisasi, personil (SDM), dan supervisi pendidikan. Maka, secara keseluruhan
dapat dikatakan bahwa perubahan yang terjadi merupakan pembaharuan dalam sistem
pendidikan yang menyangkut semua aspek atau komponen yang ada.
Perkembangan
teknologi juga berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar agar
dapat terlaksana dengan baik dan mampu mengikuti perkembangan teknologi. Untuk
itu, penulis menyusun makalah untuk membahas mengenai manfaat komputer dan
internet dalam pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
pemaparan di atas dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pengertian komputer?
2. Bagaimana
pengertian internet?
3. Bagaimana perkembangan
TIK dalam pendidikan?
4. Bagaimana manfaat
komputer dan internet dalam pendidikan?
C. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang kami sajikan di atas, maka tujuan dari makalah ini adalah untuk
mendeskripsikan tentang:
1. Pengertian komputer.
2. Pengertian
internet.
3. Perkembangan TIK
dalam pendidikan.
4. Manfaat
komputer dan internet dalam pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Komputer
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare
yang berarti
menghitung (to compute atau reckon).[1] Komputer
adalah sebuah mesin elektronik yang amat berguna pada zaman dahulu dan
sekarang. Komputer dapat meringankan kerja sehari-hari manusia, membantu
menyelesaikan tugas-tugas manusia dengan cepat dan tepat. Komputer adalah
sebuah mesin yang boleh diprogramkan untuk keberbagaian guna.
Menurut Gordon B. Davis komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan.[2]
Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan
dengan matematika.
Menurut Sujatmiko komputer adalah mesin yang dapat mengolah data digital
dengan mengikuti serangkaian perintah atau program.[3]
Kemudian Jogiyanto menjelaskan bahwa
komputer adalah alat elektronik yang menerima input data, mengolah
data, dan memberikan informasi dengan menggunakan suatu program yang
tersimpan di memori komputer (stored program) dan menyimpan program dan
hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.[4]
Dari definisi diatas, dapat disimpulkan
bahwa komputer adalah alat elektronik
yang dapat menghitung atau mengolah
data dengan mengikuti serangkaian
perintah. Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat
serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
B.
Pengertian
Internet
Internet adalah
singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam
Bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian jaringan. Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Menurut Wina Sanjaya internet merupakan
jaringan global yang menggabungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer
(locall/wide areal netwotk) dan komputer pribadi (stand alone), yang
memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi
satu sama lain.[5]
Menurut Rahmadi, internet
merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat
menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi,
hingga perorangan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa intenet mampu untuk menyediakan
askes untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk
jutaan pemakaiannya yang tersebar di seluruh dunia. Intenet
mampu untuk menyediakan askes untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber
daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang tersebar di seluruh dunia.
Internet memliki berbagai macam layanan-layanan internet meliputi komunikasi
secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News,
email serta sumber daya informasi yang terdistrubusi (World Wide Web, Gopher),
remote login, dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan lain-lainnya.
Dari beberapa
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan komputer
besar dan luas yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara
lain di seluruh dunia, di mana didalamnya terdapat berbagai sumber daya
informasi dari mulai statis hingga dinamis dan interaktif.
Dalam mengatur
internet dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu
TCP/IP. TCP (Transmision Control Protocol) bertugas untuk memastikan
bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol)
yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya. TCP/IP secara
umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif
jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket
pengiriman data.
Untuk dapat
menggunakan fasilitas internet, anda harus berlangganan ke salah satu ISP
(internet service Provider) yang ada dan melayani daerah setempat. ISP ini
biasanya disebut penyelenggara jasa internet.
C.
Perkembangan TIK
dalam Pendidikan
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia
pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi
sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi
seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara
guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga
dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan
layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat
memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber
space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.
Hal yang paling
mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau
pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan
internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu
suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan
informasi khususnya internet. E-learning merupakan satu penggunaan
teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang
belandaskan tiga kriteria yaitu:
1.
E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,
2.
Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan
menggunakan teknologi internet yang standar,
3.
Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di
balik paradigma pembelajaran tradisional.
Dengan adanya teknologi
informasi
dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita
butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Perkembangan
ini menjadikan teknologi informasi
sebagai sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan manusia dalam berbagai
bidang, termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Maka untuk menciptakan
proses pembelajaran yang efektif dan efisien ini diperlukan adanya teknologi
informasi
yang dapat menunjang dan membantu dalam proses pembelajaran.
Sebelum adanya internet,
masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses
kepada sumber informasi. Dengan adanya internet
memungkinkan dunia pendidikan untuk mengakses kepada sumber informasi yang
mulai tersedia banyak. Manfaat
internet
sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat internet
sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong
majunya pendidikan masa depan. Ada
dua peranan internet yang sangat penting, yakni:
1.
Sebagai sumber data dan informasi
2.
Sarana pertukaran data dan informasi.
Sebagai sumber
informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang
tidak terbatas. Bidang apa pun yang diminati, pasti ada informasi di Internet.
Ini dapat digunakan siswa untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di
sekolah. Bagi siswa yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari
bahan ajar karena siswa tidak perlu lagi untuk membeli buku.
D.
Manfaat Komputer
dan Internet dalam Pendidikan
Dalam era global saat ini, pendidikan tidak bisa lepas dari teknologi
informasi
untuk menunjang aktifitas pembelajaran yang efektif. Teknologi informasi
yang digunakan dalam pendidikan termasuk di dalamnya adalah komputer
dan internet.
Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis informasi dan
komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk mengolah data
menjadi informasi yang bermanfaat dengan memproses, menyajikan dan mengelola
informasi. Sementara Internet sendiri merupakan teknologi jaringan yang
digunakan dalam mencari informasi apa saja yang dibutuhkan, informasi tersebut
digunakan dalam materi pembelajaran dan sumber referensi.
Perkembangan teknologi informasi
juga dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan
dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan
pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional,
yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat
memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian
informasi dari penerapan teknologi informasi juga akan memberikan kesempatan
kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan
pembinaan kepada siswa. Dengan
demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan
kepribadian dan pengetahuannya.
Menurut Sudjana dan Rivai manfaat
komputer dalam pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Pendidik dapat
memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Ada
beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill
and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem
solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game).
Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran
agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan mereka.
2. Kemampuan belajar peserta didik dapat
meningkat dengan adanya
fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui komputer karena
komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan
lainnya.
3. Kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang
bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah
media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci
terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna
komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan
ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi
benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.[6] Adapun
contoh media atau alat bantu dalam komputer pada pendidikan
adalah:
a. Untuk membuat
database, data siswa dan pegawai
b. Untuk
administrasi surat menyurat
c. Untuk aplikasi
perpustakaan elektronik
d. Untuk menyusun
administrasi perlengkapan pembelajaran seperti silabus, program tahunan, program semesteran dan RPP
e. Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide-slide menarik tentang
materi pembelajaran
f. Menyusun
anggaran dan belanja sekolah dan lain sebagainya.
5. Meminimalisir penggunaan buku cetak. Buku
adalah sarana pendidikan yang paling utama dalam berpuluh-puluh atau
beratus-ratus tahun terakhir. Walaupun terbukti ampuh dalam kegiatan belajar
mengajar, ternyata buku mempunyai kekurangan yaitu dibuat menggunakan batang
pohon sehingga apabila diproduksi secara besar dapat merusak ekosistem.
Kebijakan penggunaan kertas daur ulang juga dirasa belum maksimal karena harga
yang cukup mahal. Dengan seiring berkembangnya teknologi komputer, saat ini
sudah banyak para penerbit buku-buku pelajaran atau pengetahuan yang menerbitkan
bukunya dalam bentuk digital. Selain lebih efisien, buku online atau yang biasa
disebut ebook ini tentu saja sangat ramah lingkungan karena tidak
membutuhkan batang pohon.[7]
Adapun manfaat internet
dalam pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Pengembangan Profesional
Berikut merupakan contoh manfaat dari
pengembangan profesional anatara lain:
a. Sebagai sarana
pembelajaran
Internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa
untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari
di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Selain itu, internet
juga merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari
hal-hal baru melalui tips dan trik maupun
tutorial mengenai sesuatu hal.
b. Mendorong penguasaan
bahasa asing
Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tanpa
batas, termasuk informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini
dapat mendorong pengguna untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik,
misalnya dengan membaca artikel yang disukai, mendengarkan lagu, menonton
berita dan sebagainya dalam bahasa asing tersebut.
c. Sarana
pendidikan jarak jauh
Internet memungkinkan kita untuk melakukan pendidikan jarak jauh.
Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan kuliah online yang
memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau,
kitapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli
dimanapun kita berada.
d. Sarana
penyimpanan informasi
Terkadang informasi maupun materi pelajaran yang dicatat
dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya internet, kita dapat
menyimpan berbagai macam informasi maupun materi pelajaran di internet dan
dapat diakses
sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.
2. Sumber Belajar atau Pusat Informasi
a. Sarana mencari
informasi
Internet dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi
di dunia pendidikan, bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat
dikatakan pula bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita
akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum,
silabus, soal-soal maupun cara mengerjakannya.
b. Sarana
mempermudah pencarian referensi
Selain sebagai sarana mencari informasi, internet juga mempermudah
pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai
dengan keinginan, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan
langung tersedia.
c. Penyedia sumber
informasi yang relatif murah
Bagi orang yang membutuhkan informasi secara sesaat maupun
mendadak, internet merupakan penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang
relatif murah apabila dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain
itu internet juga meringankan beban siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu
dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang notabene lebih
mahal.
d. Sebagai
penyedia sumber pelajaran tambahan
Internet dapat memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi
tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.
3. Menambah Wawasan, Pergaulan, Pengetahuan, dan
Pengembangan Karier
a. Menyediakan
fasilitas multimedia
Internet sebagai penyedia informasi memiliki kelebihan dibandingkan
dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca,
mendengarkan, menonton video
dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat
membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami informasi
karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dan sebagainya.
b. Sarana mencari
beasiswa
Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat kita akses di
lingkungan sekolah maupun kampus. Dengan internet, kita juga dapat mengakses
informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.
c. Mendorong
kreatifitas dan kemandirian
Infromasi yang diperoleh melalui internet dapat memberikan
seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya dalam berkarya.
Internet juga dapat mendorong dan memotivasi siswa maupun mahasiswa dalam
mengembangkan intelektual dapat mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan
baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam
menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang
dibutuhkan.[8]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan rangkaian pembahasan di atas,
dapat disimpulkan bahwa:
1.
Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung
atau mengolah data dengan mengikuti serangkaian perintah.
2. Internet adalah jaringan komputer besar dan
luas yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di
seluruh dunia, di mana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari
mulai statis hingga dinamis dan interaktif.
3. Dalam perkembangan ini teknologi informasi
dan komunikasi sebagai sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan manusia dalam
bidang pendidikan. Dengan adanya TIK proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien sehingga dapat menunjang dan
membantu dalam proses pembelajaran.
4.
Manfaat komputer dalam pendidikan antara lain, pendidik
dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer, kemampuan belajar
peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer, kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi, dapat digunakan sebagai media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan,
dan meminimalisir penggunaan buku cetak.
B. Saran
Mata kuliah ini sangat penting
bagi calon seorang guru, sehingga penulis berharap agar dosen juga mengarahkan
apabila dalam pemaparan isi dan lainnya kami melakukan kesalahan. Saran penulis
terhadap pembaca yaitu pembeca hendaknya memahami isi makalah ini karena materi
yang ada di dalamnya dapat digunakan sebagai bahan ajar ketika mengajar di
SD/MI.
DAFTAR PUSTAKA
Davis, Gordon B. 2010. Kerangka Dasar Sistem Informasi
Manajemen. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo.
Jogiyanto, Hartono. 2006. Analisis dan Desain Sistem
Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 1989. Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sanjaya, Wina. 2002. Media Komunikasi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sujatmiko, Eko. 2012. Kamus Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Surakarta: Aksarra Sinergi.
Sutanta, E. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual.
Yogyakarta: Andi Offset.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Prenamedia Group.
[1] E. Sutanta, Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, (Yogyakarta: Andi
Offset, 2011), hlm. 1.
[2] Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen,
(Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo, 2010), hlm. 64.
[3] Eko Sujatmiko, Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Surakarta:
Aksarra Sinergi, 2012), hlm. 156.
[4] Hartono Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi,
(Yogyakarta: Andi Offset, 2006), hlm. 2.
[5] Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group, 2002), hlm. 219).
[6] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, (Bandung: Sinar
Baru, 1989), hlm. 36.
0 Comments