Makalah Manfaat Komputer dan Internet dalam Pendidikan

MAKALAH

Manfaat Komputer dan Internet dalam Pendidikan

Untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK

 

Dosen Pengampu:

Allinda Hamidah, M. Pd.

 

 

 

Disusun Oleh:

Dika Ayu Rahmawati (idh)


 

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH

SIMAN SEKARAN LAMONGAN

April 2019


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat menyelesaikan makalah TIK “Manfaat Komputer dan Internet dalam Pendidikan

Makalah ini disusun berdasarkan tugas yang diberikan oleh Dosen mata kuliah TIK untuk menambah wawasan penulis. Makalah ini disusun dengan harapan dapat bermanfaat bagi semua kalangan dan terutama bagi penulis sendiri. Ucapan terima kasih juga tak lupa kami haturkan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan makalah ini, antara lain:

1.      Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar dan tanpa gangguan.

2.      Allindah Hamidah, M.Pd. selaku Dosen mata kuliah TIK, yang telah membimbing kami dalam menyusun makalah ini.

3.      Keluarga yang senantiasa mendukung kami.

4.      Teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah.

5.      Semua pihak yang telah terlibat yang tak dapat kami sebutkan satu-persatu.

 

Kami menyadari makalah ini masih banyak memiliki kekurangan. Untuk itu, kami mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak agar kedepannya kami lebih baik lagi dalam menyusun sebuah makalah.

 

Sekaran, 05 April 2019

 

Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................  i

KATA PENGANTAR ...........................................................................................  ii

DAFTAR ISI ..........................................................................................................  iii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang...................................................................................... 1

B.     Rumusan Masalah................................................................................. 1

C.     Tujuan................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN

A.    Pengertian Komputer............................................................................ 3

B.     Pengertian Internet............................................................................... 4

C.     Perkembangan TIK dalam Pendidikan................................................. 5

D.    Manfaat Komputer dan Internet dalam Pendidikan............................. 7

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan........................................................................................... 12

B.     Saran .................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA

 

 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Dalam pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi tren tersendiri, terutama untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam proses pembelajaran, pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan kreativitasnya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya masih banyak pendidik yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun teknologi yang ada, sehingga penggunaan dari media atau teknologi tersebut dalam pembelajaran dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

Salah satu teknologi yang sering digunakan saat ini dalam pendidikan adalah komputer dan internet. Komputer dan internet sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer dan internet  juga dapat membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.

Perkembangan  teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Institusi atau lembaga pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer akan kalah bersaing. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah merupakan salah satu cara sekolah untuk meningkatkan kualitas institusinya, karena dengan alat tersebut sebuah sekolah dapat meningkatkan akses, mempercepat proses dan memperlancar administrasi serta meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar.

Dengan kemajuan teknologi, perkembangan pendidikan di sekolah semakin lama semakin mengalami perubahan dan mendorong berbagai usaha perubahan. Pendidikan di sekolah-sekolah telah menunjukkan perkembangan pesat di bidang kurikulum, peralatan, dan penilaian. Begitu juga terjadi perubahan pada bidang administrasi pendidikan, organisasi, personil (SDM), dan supervisi pendidikan. Maka, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa perubahan yang terjadi merupakan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang menyangkut semua aspek atau komponen yang ada.

Perkembangan teknologi juga berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar agar dapat terlaksana dengan baik dan mampu mengikuti perkembangan teknologi. Untuk itu, penulis menyusun makalah untuk membahas mengenai manfaat komputer dan internet dalam pendidikan.

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan pemaparan di atas dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana pengertian komputer?

2.      Bagaimana pengertian internet?

3.      Bagaimana perkembangan TIK dalam pendidikan?

4.      Bagaimana manfaat komputer dan internet dalam pendidikan?

 

C.    Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah yang kami sajikan di atas, maka tujuan dari makalah ini adalah untuk mendeskripsikan tentang:

1.      Pengertian komputer.

2.      Pengertian internet.

3.      Perkembangan TIK dalam pendidikan.

4.      Manfaat komputer dan internet dalam pendidikan.

 

 

 

 

 


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Komputer

Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon).[1] Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang amat berguna pada zaman dahulu dan sekarang. Komputer dapat meringankan kerja sehari-hari manusia, membantu menyelesaikan tugas-tugas manusia dengan cepat dan tepat. Komputer adalah sebuah mesin yang boleh diprogramkan untuk keberbagaian guna.

Menurut Gordon B. Davis komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.[2] Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Menurut Sujatmiko komputer adalah mesin yang dapat mengolah data digital dengan mengikuti serangkaian perintah atau program.[3] Kemudian Jogiyanto menjelaskan bahwa komputer adalah alat elektronik yang menerima input data, mengolah data, dan memberikan informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program) dan menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis.[4]

Dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data dengan mengikuti serangkaian perintah. Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. 

 

B.     Pengertian Internet

Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Menurut Wina Sanjaya internet merupakan jaringan global yang menggabungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer (locall/wide areal netwotk) dan komputer pribadi (stand alone), yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain.[5]

Menurut Rahmadi, internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa intenet mampu untuk menyediakan askes untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang tersebar di seluruh dunia. Intenet mampu untuk menyediakan askes untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang tersebar di seluruh dunia. Internet memliki berbagai macam layanan-layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email serta sumber daya informasi yang terdistrubusi (World Wide Web, Gopher), remote login, dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan lain-lainnya.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan komputer besar dan luas yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, di mana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai statis hingga dinamis dan interaktif.

Dalam mengatur internet dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmision Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat menggunakan fasilitas internet, anda harus berlangganan ke salah satu ISP (internet service Provider) yang ada dan melayani daerah setempat. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet.

 

C.    Perkembangan TIK dalam Pendidikan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.

Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:

 

 

1.    E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,

2.    Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar,

3.    Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.

Dengan adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Perkembangan ini menjadikan teknologi informasi sebagai sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan manusia dalam berbagai bidang, termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Maka untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien ini diperlukan adanya teknologi informasi yang dapat menunjang dan membantu dalam proses pembelajaran.

Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Dengan adanya internet memungkinkan dunia pendidikan untuk mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Manfaat internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan masa depan. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni:

1.    Sebagai sumber data dan informasi

2.    Sarana pertukaran data dan informasi.

Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bidang apa pun yang diminati, pasti ada informasi di Internet. Ini dapat digunakan siswa untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Bagi siswa yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari bahan ajar karena siswa tidak perlu lagi untuk membeli buku.

 

 

 

D.    Manfaat Komputer dan Internet dalam Pendidikan

Dalam era global saat ini, pendidikan tidak bisa lepas dari teknologi informasi untuk menunjang aktifitas pembelajaran yang efektif. Teknologi informasi yang digunakan dalam pendidikan termasuk di dalamnya adalah komputer dan internet.

Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dengan memproses, menyajikan dan mengelola informasi. Sementara Internet sendiri merupakan teknologi jaringan yang digunakan dalam mencari informasi apa saja yang dibutuhkan, informasi tersebut digunakan dalam materi pembelajaran dan sumber referensi.

Perkembangan teknologi informasi juga dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.

Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi dari penerapan teknologi informasi juga akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.

Menurut Sudjana dan Rivai manfaat komputer dalam pendidikan adalah sebagai berikut:

1.    Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.

2.    Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.

3.    Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

4.    Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.[6] Adapun contoh media atau alat bantu dalam komputer pada pendidikan adalah:

a.    Untuk membuat database, data siswa dan pegawai

b.    Untuk administrasi surat menyurat

c.    Untuk aplikasi perpustakaan elektronik

d.   Untuk menyusun administrasi perlengkapan pembelajaran seperti silabus, program tahunan, program semesteran dan RPP

e.    Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide-slide menarik tentang materi pembelajaran

f.     Menyusun anggaran dan belanja sekolah dan lain sebagainya.

5.    Meminimalisir penggunaan buku cetak. Buku adalah sarana pendidikan yang paling utama dalam berpuluh-puluh atau beratus-ratus tahun terakhir. Walaupun terbukti ampuh dalam kegiatan belajar mengajar, ternyata buku mempunyai kekurangan yaitu dibuat menggunakan batang pohon sehingga apabila diproduksi secara besar dapat merusak ekosistem. Kebijakan penggunaan kertas daur ulang juga dirasa belum maksimal karena harga yang cukup mahal. Dengan seiring berkembangnya teknologi komputer, saat ini sudah banyak para penerbit buku-buku pelajaran atau pengetahuan yang menerbitkan bukunya dalam bentuk digital. Selain lebih efisien, buku online atau yang biasa disebut ebook ini tentu saja sangat ramah lingkungan karena tidak membutuhkan batang pohon.[7]

 

Adapun manfaat internet dalam pendidikan adalah sebagai berikut:

1.    Pengembangan Profesional

Berikut merupakan contoh manfaat dari pengembangan profesional anatara lain:

a.    Sebagai sarana pembelajaran

Internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Selain itu, internet juga merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru melalui tips dan trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.

b.    Mendorong penguasaan bahasa asing

Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tanpa batas, termasuk informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong pengguna untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik, misalnya dengan membaca artikel yang disukai, mendengarkan lagu, menonton berita dan sebagainya dalam bahasa asing tersebut.

c.    Sarana pendidikan jarak jauh

Internet memungkinkan kita untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimanapun kita berada.

d.   Sarana penyimpanan informasi

Terkadang informasi maupun materi pelajaran yang dicatat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya internet, kita dapat menyimpan berbagai macam informasi maupun materi pelajaran di internet dan dapat diakses sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.

2.    Sumber Belajar atau Pusat Informasi

a.    Sarana mencari informasi

Internet dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal maupun cara mengerjakannya.

b.    Sarana mempermudah pencarian referensi

Selain sebagai sarana mencari informasi, internet juga mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan keinginan, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia.

c.    Penyedia sumber informasi yang relatif murah

Bagi orang yang membutuhkan informasi secara sesaat maupun mendadak, internet merupakan penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah apabila dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu internet juga meringankan beban siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang notabene lebih mahal.

d.   Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan

Internet dapat memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.

 

 

3.    Menambah Wawasan, Pergaulan, Pengetahuan, dan Pengembangan Karier

a.    Menyediakan fasilitas multimedia

Internet sebagai penyedia informasi memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan, menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami informasi karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dan sebagainya.

b.    Sarana mencari beasiswa

Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat kita akses di lingkungan sekolah maupun kampus. Dengan internet, kita juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.

c.    Mendorong kreatifitas dan kemandirian

Infromasi yang diperoleh melalui internet dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya dalam berkarya. Internet juga dapat mendorong dan memotivasi siswa maupun mahasiswa dalam mengembangkan intelektual dapat mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkan.[8]

 


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan rangkaian pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

1.    Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data dengan mengikuti serangkaian perintah.

2.      Internet adalah jaringan komputer besar dan luas yang menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, di mana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai statis hingga dinamis dan interaktif.

3.      Dalam perkembangan ini teknologi informasi dan komunikasi sebagai sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan manusia dalam bidang pendidikan. Dengan adanya TIK proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien sehingga dapat menunjang dan membantu dalam proses pembelajaran.

4.    Manfaat komputer dalam pendidikan antara lain, pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer, kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer, kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi, dapat digunakan sebagai media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan, dan meminimalisir penggunaan buku cetak.

 

B.     Saran

Mata kuliah ini sangat penting bagi calon seorang guru, sehingga penulis berharap agar dosen juga mengarahkan apabila dalam pemaparan isi dan lainnya kami melakukan kesalahan. Saran penulis terhadap pembaca yaitu pembeca hendaknya memahami isi makalah ini karena materi yang ada di dalamnya dapat digunakan sebagai bahan ajar ketika mengajar di SD/MI.


DAFTAR PUSTAKA

 

Davis, Gordon B. 2010. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo.

Jogiyanto, Hartono. 2006. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sanjaya, Wina. 2002. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sujatmiko, Eko. 2012. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Surakarta: Aksarra Sinergi.

Sutanta, E. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi Offset.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Prenamedia Group.




[1] E. Sutanta, Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, (Yogyakarta: Andi Offset, 2011), hlm. 1.

[2] Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, (Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo, 2010), hlm. 64.

[3] Eko Sujatmiko, Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Surakarta: Aksarra Sinergi, 2012), hlm. 156.

[4] Hartono Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, (Yogyakarta: Andi Offset, 2006), hlm. 2.

[5] Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2002), hlm. 219).

[6] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru, 1989), hlm. 36.

[7] Husniyatus Salamah Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, (Jakarta: Prenamedia Group, 2017), hlm. 121.

[8] Husniyatus Salamah Zainiyati, Pengembangan..., h. 156.


Post a Comment

0 Comments